Ditulis pada tanggal 14 November 2017, oleh admin, pada kategori Berita

Ini Langkah Tim Robotika Universitas Brawijaya dalam Mengincar Juara Nasional KRI

Tim Robotika UB juga fokus untuk upgrade robot mereka menggunakan teknologi yang lebih canggih, atau yang digunakan oleh tim terbaik Indonesia.

Ini Langkah Tim Robotika Universitas Brawijaya dalam Mengincar Juara Nasional KRI
SURYAMALANG.COM/Hayu Yudha Prabowo
Robot Adhira Aruna karya tim Robotika UB saat beraksi dengan gerakan jarinya di Kategori Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI) di GOR Ken Arok Pertamina, Universitas Brawijaya (UB) Malang, Sabtu (6/5/2017)

SURYAMALANG.COM, LOWOKWARU – Tim Robotika Universitas Brawijaya (UB) lolos dan melaju ke semua kategori Kontes Robot Indonesia (KRI) Nasional yang akan diadakan pada 6-9 Juli 2017 di UPI Bandung.

Pada tahun-tahun sebelumnya, tim UB belum pernah menjuarai KRI Nasional. “Hanya pernah meraih peringkat 2 nasional pada 2007,” kata Sekretaris Umum panitia seleksi regional IV, Adharul Muttaqin pada SURYAMALANG.COM.

Tapi tahun ini merupakan peningkatan karena pada 2016 UB hanya mengirimkan robot pada kategori Robot ABU, Seni Tari, dan Pemadam Api.

Menjadi perguruan tinggi yang berada di regional IV juga adalah suatu keberuntungan bagi tim UB. Pasalnya, tim-tim juara nasional dan internasional ada di regional IV, yaitu PENS dan ITS.

“Banyak belajar strategi dari lawan yang merupakan tim robot papan atas Indonesia,” kata Ketua Tim Robotika UB, Achnafian Rafif Zufaryansyah, Minggu (7/5/2017).

Tim Robotika UB juga fokus untuk upgrade robot mereka menggunakan teknologi yang lebih canggih, atau yang digunakan oleh tim terbaik Indonesia tersebut.

“Targetnya setelah regional ini, robot UB akan berkembang pesat menjadi lebih canggih dan siap bertanding dengan para juara,” katanya optimis.

Mahasiswa yang akrab disapa Ryan itu berharap Tim Robotika UB akan bisa menyabet juara dalam ajang KRI Nasional Juli nanti. “Selama kita berjuang keras, tidak ada yang tidak mungkin,” harapnya.

Ini nama robot-robot UB yang tampil bagus dan akan bersaing ke kancah kontes robot nasional  :

KRAI: Invicto (Juara 3)
KRPAI: Bhatara Wijaya (Juara 2, Strategi Terbaik)
KRSTI: Adhira Aruna (Juara 1)
KRSBI Beroda: Enspartan (Juara 2)
KRSBI Humanoid: Atom (Juara Harapan)